Gili Air Lombok – Indonesia

%image_alt%

via : lombokkomodosailing.com

Indonesia merupakan negara maritim atau kepulauan terbesar didunia, antara pulau satu dengan pulau lainnya dipisahkan oleh laut, tapi bukanlah menjadi penghalang bagi setiap suku bangsa di Indonesia untuk saling berhubungan dengan suku-suku di pulau lainnya. Pada zaman bahari telah menjadi Trade Mark bahwa Indonesia merupakan negara maritim. Indonesia merupakan negara maritim yang mempunyai banyak pulau, luasnya laut menjadi modal utama untuk membangun bangsa ini. Indonesia adalah “Negara kepulauan”, Indonesia adalah “Nusantara”, Indonesia adalah “Negara Maritim” dan Indonesia adalah “Bangsa Bahari”,”Berjiwa Bahari” serta “Nenek Moyangku Orang Pelaut” bukan hanya merupakan slogan belaka,

Laut dijadikan ladang mata pencaharian, laut juga dijadikan sebagai tempat menggalang kekuatan, mempunyai armada laut yang kuat berarti bisa mempertahankan kerajaan dari serangan luar. Memang, laut dalam hal ini menjadi suatu yang sangat penting sejak zaman dahulu sampai zaman sekarang. Dengan mengoptimalkan potensi laut menjadikan bangsa Indonesia maju karena Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan laut. Laut akan memberikan manfaat yang sangat vital bagi pertumbuham dan perkembangan perekonomian Indonesia Bahkan di bidang pariwisata.

Sunset di Gili Air

Banyak pulau yang menyimpan sejuta potensi pariwisata termasuk Pulau Lombok. Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

%image_alt%

via : ijendiscovery.com

Akhir akhir ini pulau lombok mulai menjadi tempat destinasi wisata yang patut diperhitungkan selain pulau Bali. Pulau lombok banyak terdapat tempat wisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata diataranya : Pantai senggigi, Batu Bolong, Batu layar, Gunung Rinjani, Air Terjun Sendang Gila, Gili Air dan lain lain. Akan banyak memakan waktu jika harus membahas keindahan tempat wisata masing masing. Gili Air sebenarnya cukup menarik untuk di ketahui karena di tempat ini saja anda dapat menikmati berbagai macam keindahan alam.

Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya, maka tak heran apabila Gili Air menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lombok. Sebenarnya Gili Air menawarkan keindahan alam yang tidak jauh berbeda dengan dua gil lainnya bagi para wisatawa. Terutama di bagian bawah lautnya sama sama menwarkan kendahan terumbu karang serta aneka biota bawah laut yang beragam.

Mungkin para wisatawan bertanya tanya kenapa harus Gili Air?. Gili Air sudah terkenal dengan keindahan Sunset-nya yang dapat anda nikmati dengan cara bersantai di pantai yang memiliki pasir putih. da lagi gili Air memiliki penduduk yang tidak terlalu sedikit. jadi anda tidak akan merasa kesepian jika berwisata di tempat ini sekalian anda dapat merasakan keramah tamahan warga sekitar yang memang sangat welcome terhadap para wisatawan baik mancanegara atau domestik.

%image_alt%

via : booking.com

Jumlah penduduk Gili Air yang lebih Banyak dari pada Gili Trawangan dan Gili Meno memberikan kelebihan tersendiri. Banyak-nya Penduduk di sana berdampak pada semakin banyaknya fasilitas yang dapat menambah kenyamanan para wisatawan. Bagi yang ingin berlama lama di pulau Gili Air tidak usah khawatir karena terdapat berbagai penginapan dan berbagai harga. Termasuk Penginapan paling terkenal di pulau ini adalah Gilinta Villa Hotel. Terletak di tengah taman tropis dengan pohon-pohon kelapa, hanya 50 meter dari Pantai Gili Air. Hotel ini menawarkan kamar-kamar dengan teras pribadi dan menyediakan akses Wi-Fi gratis di restorannya. Layanan binatu dan menjaga anak juga tersedia dengan dikenakan biaya, sementara fasilitas penitipan bagasi dan layanan tata graha harian tersedia gratis. Gilinta Restaurant menyajikan sarapan ala Amerika dan juga menawarkan layanan kamar.

Selain Hotel tersebut masih banyak lagi tempat penginapan lainnya dengan fasilitas lebih rendah dan lebih bersahabat di kantong pastinya. Untuk masalah makanan para wisatawan tiak usah khawatir karena banyak terdapat restoran dan cafe. Tempat ibadah juga terdapat di beberapa titik. anda akan merasa nyaman dan tenang saat menikmati keindahan alam di Gili Air.

%image_alt%

via : nginepmana.com

Jika anda lebih suka tempat wisata dengan suasana lebih tenang sebaiknya menghindari bulan Juli – Agustus. Gili Air biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada bulan Juli-Agustus. Kebanyakan pengunjung berasal dari luar negeri, seperti Australia, Inggris, Perancis, Belanda, Italia, dan negara-negara lain. Tak banyak pengunjung domestik yang berada di Gili ini, jadi jangan heran bila Anda menemui banyak wisatawan mancanegara.

Seperti biasa untuk daerah timur bagian indonesia memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa termasuk pulau Gili Air. Menjelajah alam bawah laut di Gili Air, Anda dapat mengunjungi 5 tempat favorit yang menyuguhkan kepada Anda pemandangan bawah airnya. Yaitu Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh dan Malang Reef. Di tempat tempat itu Anda bisa menikmati keindahan deretan terumbu karang dan ikan-ikan dengan warna-warna yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *